Bedanya Xiaomi 14 Dan Xiaomi 13, Banyak Peningkatannya!

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Xiaomi 14 Vs Xiaomi 13 - Header

Kincaimedia – Resmi diperkenalkan di Indonesia, Xiaomi 14 dapat menjadi pilihan menarik buat kita nan memerlukan ponsel baru dengan keahlian hingga support kamera mumpuni untuk beraktivitas.

Perangkat tersebut datang sebagai penerus dari Xiaomi 13 di mana merupakan ponsel flagship nan tidak sempat diboyong secara resmi ke Tanah Air. Makanya sangat wajar andaikan Xiaomi 14 menawarkan spesifikasi dan support di atas rata-rata.

Apalagi sebagai penerus, Xiaomi 14 memang mempunyai sejumlah peningkatan dari Xiaomi 13 nan membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan. Adapun sebagian di antaranya sebagai berikut.

Perbedaan Xiaomi 14 Vs Xiaomi 13

Xiaomi 14 membawa peningkatan salah satu di antaranya pada bagian dapur pacu. Perangkat tersebut sekarang menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 nan mana merupakan jenis mutakhir dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 milik Xiaomi 13.

Berdasarkan hasil pengetesan laboratorium internal milik Xiaomi, Snapdragon 8 Gen 3 mempunyai keahlian pemrosesan info 32 persen lebih baik dan pemrosesan skematis 34 lebih unggul jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Meskipun mempunyai peningkatan kinerja, Snapdragon 8 Gen 3 menarik mempunyai konsumsi daya lebih rendah. Kebutuhan daya CPU miliknya menurun hingga 34 persen dan GPU hingga 38 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 2 ketika diukur pada tingkat keahlian serupa.

Berkat pemakaian chipset nan lebih mutakhir, support koneksi Bluetooth di Xiaomi 14 juga lebih baik. Perangkat tersebut sekarang mendukung versi 5.4 nan mana tentunya membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan versi 5.3 milik Xiaomi 13.

Sama-sama dikembangkan berbareng perusahaan optik ternama Leica, sistem kamera Xiaomi 14 juga mendapat peningkatan. Kamera utamanya nan tetap terkonfigurasi hingga 50MP pun apalagi mempunyai lensa dan sensor cukup berlainan.

Pada Xiaomi 14, kamera utamanya menggunakan lensa LEICA VARIO-SUMMILUX dengan sensor nan mendukung bukaan rana f/1.6. Sementara untuk Xiaomi 13 mengandalkan lensa LEICA VARIO-SUMMICRON berbareng sensor f/1.8.

Selain kamera utama, kamera telefoto 75mm nan digunakan Xiaomi 14 juga mendapat penyesuaian. Resolusi pengambilan gambarnya sekarang dapat diatur hingga 50MP alias meningkat dari Xiaomi 13 nan sebelumnya hanya mendukung 10MP.

Kamera perspektif lebar Xiaomi 14 sekarang juga menggunakan lensa dengan resolusi sampai 50MP. Lebih tinggi dari Xiaomi 13 nan tetap mengandalkan lensa 12MP. Dalam perihal ini, focal length-nya pun turut berubah dari 15mm menjadi 14mm.

Bagian layar juga memperoleh sejumlah peningkatan. Dengan ukuran nan sama-sama seluas 6,36 inci, teknologi panel nan disematkan ke Xiaomi 14 mempunyai spesifikasi sedikit lebih baik daripada Xiaomi 13.

Layar Xiaomi 14 sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi LTPO AMOLED yang mendukung refresh rate mulai dari 1Hz hingga 120Hz. Sementara Xiaomi 13 hanya memakai panel AMOLED standar nan beraksi dengan pengaturan 60Hz, 90Hz, alias 120Hz.

Tingkat kecerahan layar Xiaomi 14 juga lebih tinggi. Panel perangkat tersebut dapat menangani hingga 3.000nits alias secara teknis bisa menampilkan gambar dengan lebih jelas saat dipakai di bawah terik mentari daripada Xiaomi 13 nan hanya bisa bekerja sampai 1.900nits.

Resolusi gambar nan didukung oleh layar Xiaomi 14 sekarang juga semakin tajam. Saat Xiaomi 13 sebelumnya hanya dilengkapi dengan panel Full HD+ (2400 x 1080 piksel), perangkat tersebut sudah mendukung tampilan hingga 1,5K (2670 x 1200 piksel).

Proteksi layar nan ditawarkan Xiaomi 14 juga tercatat semakin kuat. Xiaomi sekarang soalnya menyematkan lapisan Corning Gorilla Glass Victus nan mempunyai ketahanan lebih baik daripada Corning Gorilla Glass 5 milik Xiaomi 13.

Pihak Xiaomi di sisi lain juga meningkatkan dukungan pengisian daya pada Xiaomi 14. Perangkat tersebut sekarang memakai teknologi 90W HyperCharge sehingga secara teknis bakalan bisa bekerja secara lebih sigap daripada Xiaomi 13 nan tetap mengandalkan 67W Turbo Charge.

Teknologi 90W HyperCharge milik Xiaomi 14 diklaim dapat mengisi daya hingga baterai penuh hanya dalam waktu kurang lebih 31 menit. Sementara pengisian 67W Turbo Charge nan digunakan Xiaomi 13 memerlukan sekitar 38 menit.

Perlu dicatat bahwa kapasitas baterai nan ditawarkan oleh Xiaomi 14 sedikit lebih besar di mana sebesar 4.610mAh saat Xiaomi 13 hanya 4.500mAh. Jadi sebenarnya bakal sangat berpengaruh pada selisih waktu pengisian dayanya.

Yang tak kalah menarik, Xiaomi 14 juga sudah meluncur dengan antarmuka sistem HyperOS secara mendasar. Berbeda dari Xiaomi 13 nan tetap menggunakan MIUI 14 berbasis Android 13 sehingga perlu menunggu pembaruan untuk memperolehnya.

Bagi Anda nan belum tahu, HyperOS merupakan antarmuka sistem generasi baru nan bakal menggantikan MIUI di masa mendatang. Pihak Xiaomi mengembangkannya dengan berbagai macam perubahan untuk menyempurnakan ekosistem perangkat buatannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap