Cara Agar Kamera Tidak Mirror Saat Video Call Whatsapp

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Cara Agar Kamera Tidak Mirror Saat Video Call WA Header

Kincaimedia – WA menjadi salah satu aplikasi chat alias percakapan nan digunakan oleh banyak orang dalam kesehariannya

Tidak hanya chat saja, WA juga memungkinkan Anda untuk melakukan video call secara real time. Namun ada kalanya kamera menjadi mirror alias terbalik ketika melakukan video call pada WhatsApp.

Hal ini tentunya bisa cukup menjengkelkan ketika lantaran bakal membikin tulisan, arah, dan wajah menjadi terbalik. Namun Anda tidak perlu cemas lantaran dapat membikin kamera menjadi normal dengan mudah.

1. Matikan Fitur Mirror Camera

Pada Android

  1. Buka aplikasi Camera bawaan di ponsel.
  2. Pilih menu Settings biasanya berikon Gerigi.
  3. Pilih opsi Mirror Front Camera alias Mirror Camera tergantung dari merek ponsel
  4. Tekan tombol toggle di sebelah opsi tersebut ke posisi mati.

Pada iOS

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Cari dan pilih opsi Camera.
  3. Tekan tombol toggle pada opsi Mirror Front Camera ke posisi aktif

Terkadang pada ponsel beberapa merek bakal terjadi perbedaan untuk pengaturan awal kamera ketika melakukan video call pada WhatsApp, ada nan mirror maupun tidak. Dengan begitu, Anda hanya perlu mencoba mengaktifkan alias mematikan fitur Mirror di aplikasi Settings pada aplikasi Camera bawaan ponsel Android.

2. Matikan Rotasi Layar

Rotasi layar nan aktif pada ponsel juga dapat membikin kamera menjadi mirror ketika video call WA aktif. Kamu dapat coba mematikan rotasi ponsel terlebih dulu agar kamera menjadi tidak mirror lagi.

Pengaturannya bisa Anda temukan dengan menyapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari untuk memunculkan panel notifikasi dan pintasan. Lalu tekan Screen Rotation nan berikon ponsel dengan arah berputar ke posisi mati.

3. Hapus Cache Kamera

Ada kalanya aplikasi kamera bawaan dari ponsel pun terkena bug alias error sehingga menyebabkan hasil kamera menjadi mirror ketika melakukan video call di WhatsApp. Kamu bisa coba menghapus cache dari aplikasi kamera untuk mengembalikan pengaturannya.

Untuk perihal tersebut, Anda perlu mengunjungi Settings lalu pilih menu Apps alias Application. Selanjutnya buka aplikasi kamera untuk memunculkan laman App Info.

Tekan tombol Force Stop untuk menghentikan paksa aplikasi dan kemudian tekan ke menu Storage. Kemudian Anda tinggal memilih tombol Clear Cache untuk membersihkannya.

4. Hapus Cache WhatsApp

Selain kamera nan sedang bermasalah, mirror ini bisa juga terjadi lantaran WA nan sedang bermasalah. Kamu juga dapat menghapus cache nan ada di aplikasi WhatsApp.

Langkahnya pun terbilang mirip dimana Anda perlu mengunjungi Settings, masuk ke Apps alias Application, dan pilih aplikasi WhatsApp.

Kemudian tekan Force Stop untuk menghentikan aplikasi, masuk ke laman App Info, pilih Storage, dan tekan tombol Clear Cache.

Beberapa metode tersebut bisa Anda coba untuk membikin kamera ponsel tidak lagi mirror ketika sedang melakukan video call di aplikasi WhatsApp.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Kincaimedia nan biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal beragam kelebihan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap