Amd Luncurkan Prosesor Ryzen Pro 8000 Series, Tawarkan Kemampuan Ai

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – AMD resmi mengumumkan rangkaian prosesor terbarunya nan berjulukan Ryzen Pro 8000 Series. Prosesor terbaru AMD ini menawarkan keahlian dari teknologi AI.

Prosesor AMD Ryzen Pro 8000 Series dibuat untuk beragam perangkat seperti laptop dan desktop dengan total ada 16 model prosesor. Secara detail, model 8000 Series merupakan prosesor untuk desktop, sedangkan model 8040 Series diperuntukkan untuk laptop.

Pada dasarnya prosesor baru dari AMD ini diklaim menawarkan peningkatan secara signifikan dalamn 3 hal, ialah kinerja, konsumsi daya, serta keahlian untuk memproses AI. Ini pun mengenai dengan penggunaan arsitektur Zen 4 untuk CPU, RDNA 3 untuk GPU, dan XDNA untuk NPU.

BACA JUGA:

  • AMD Rilis Ryzen 8000 Berteknologi 4nm, Ada Tambahan NPU
  • PC EK Gaming Battle Star Race Rilis, Tawarkan Rig Simulator=

Menurut info dari Gizmochina, AMD Ryzen Pro terbaru menggunakan proses manufaktur 4nm dan sudah terintegrasi dengan teknologi AMD PRO nan berakibat kepada kemajuan ini. Selain itu, prosesor juga mendukung standar WiFi 7 terbaru dan Bluetooth 5.4 untuk konektivitas nan ditingkatkan.

Seri Ryzen Pro 8040 untuk laptop dirancang untuk memenuhi kebutuhan dua pasar berbeda. Seri AMD Ryzen Pro 8040HS dibuat untuk kreator konten dan pengguna workstation seluler, menawarkan prosesor berkekuatan seperti Ryzen 9 PRO 8945HS dengan konfigurasi CPU 8 core, 16 thread, dan kecepatan clock dari 4,0 hingga 5,2GHz.

Lalu, prosesor Ryzen Pro 8040HS ini juga bisa menangani tugas-tugas berat tetapi datang dengan tingkat konsumsi daya nan lebih tinggi dengan kapabilitas mulai dari 35W hingga 54W.

AMD RYZEN PRO 8000 SERIES (1)

Sedangkan model satunya lagi adalah seri U nan menawarkan opsi lebih irit energi. Seri ini terdiri dari AMD Ryzen 7 Pro 8840U dan Ryzen 5 Pro 8640U nan mempunyai konfigurasi CPU dan clockspeed sama seperti seri HS.

Perbedaannya dari seri HS terletak pada konsumsi daya nan jauh lebih rendah di nomor 15W hingga 28W. Sayangnya model Ryzen 5 Pro 8640 tidak mempunyai konfigurasi NPU, sehingga hanya dilengkapi CPU dan GPU saja.

Sementara itu, Ryzen Pro 8000 Series berfokus pada dekstop dan tersedia dalam dua jenis G dan GE. Kedua jenis prosesor AMD terbaru ini menawarkan prosesor Ryzen 7, 5, dan 3.

Perlu dicatat jika pengguna mencari performa bisa memilih seri G nan menawarkan prosesor seperti Ryzen 7 Pro 8700G dengan CPU 8 core dan 16 thread berkecepatan mulai dari 4,2 hingga 5,1Ghz. Namun, seri G menawarkan konsumsi daya lebih tinggi mulai dari 45W hingga 65W.

BACA JUGA:

  • AMD Luncurkan Prosesor Ryzen 9 7945HX3D untuk Laptop Gaming
  • AMD Garap Fitur FreeSync Panel Replay Bikin Laptop Hemat Daya

Sedangkan, AMD Ryzen seri GE bakal menawarkan prosesor dengan konsumsi daya nan lebih rendah di 35W walaupun mempunyai clockspeed dan konfigurasi CPU nan sama seperti seri G. Salah satunya adalah prosesor AMD Ryzen 5 Pro 8600GE nan bisa menjadi pilihan. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi