Parlemen As Kritik Pemerintahan Biden, Gegara Laptop Baru Huawei

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Anggota parlemen AS, terutama para pejabat dari Partai Republik telah memberikan kritik kepada pemerintahan Joe Biden. Ini tak lain lantaran laptop terbaru Huawei nan diluncurkan baru-baru ini.

Bagi nan belum tahu, Huawei saat ini telah meluncurkan laptop terbarunya nan berjulukan MateBook X Pro 2024. Laptop ini ditenagai oleh prosesor terbaru Intel Core Ultra nan mempunyai keahlian AI lantaran ada konfigurasi NPU.

Penggunaan prosesor berkekuatan AI di laptop terbaru Huawei ini pun menimbulkan beragam pertanyaan, mengingat patokan baru dari AS melarang ekspor chip AI ke negara China. Lantas gimana raksasa teknologi asal China ini bisa mendapatkan prosesor tersebut?

BACA JUGA:

  • Fokus ke Chip AI, Huawei Perlambat Produksi Smartphone
  • Chip Microsoft bakal Adopsi Teknologi 18A Milik Intel

Menurut laporan dari Gizmochina, Huawei bisa mengakses chip AI dari Intel lantaran adanya lisensi unik nan dikeluarkan oleh pemerintahan Trump pada tahun 2020 silam, walaupun tetap ada pembatasan perdagangan AS sejak tahun 2019. Karena lisensi tersebut tidak diperbarui maka ini menimbulkan ketakutan di kalangan personil parlemen.

Kemampuan Huawei untuk mengakses chip Intel berasal dari lisensi unik nan dikeluarkan oleh pemerintahan Trump pada tahun 2020, meskipun berada di bawah pembatasan perdagangan AS sejak tahun 2019. Keputusan untuk tidak memperbarui lisensi ini telah menimbulkan frustrasi di kalangan personil parlemen.

Sementara itu, ketua komite terpilih Dewan Perwakilan Rakyat untuk China telah menyatakan keprihatinannya atas persetujuan Departemen Perdagangan atas pengiriman chip Intel ke Huawei.

Lalu, dia mempertanyakan sikap pemerintah terhadap ekspor teknologi tersebut, khususnya terhadap perusahaan-perusahaan nan termasuk dalam daftar pembatasan perdagangan.

Di sisi lain, baik Departemen Perdagangan dan Intel menolak untuk memberikan komentar mengenai masalah ini, sedangkan Huawei juga tidak menanggapi permintaan komentar atas perihal ini.

Situasi ini menyoroti ketegangan nan sedang berjalan antara AS dan Tiongkok mengenai kemajuan teknologi, dan menimbulkan pertanyaan tentang penegakan pembatasan perdagangan dan menjaga kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat.

BACA JUGA:

  • Tingkatkan Keamanan, AS Siapkan Kebijakan Baru untuk Ekspor Chip AI ke China
  • China Membuat Kerangka Hukum Terkait Layanan AI

Sebagai informasi, Huawei MateBook X Pro 2024 ini datang dengan prosesor Intel Core Ultra 9. Berkat prosesor ini, perangkat tersebut bisa menjalankan dan memproses keahlian AI. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi