Review Realme C65: Desain Manis, Kaya Fitur Ala Flagship

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id – realme kembali meluncurkan C Series terbaru di tahun ini untuk pertama kalinya. Membawa nama Realme C65, ponsel ini merupakan seri lanjutan nan membawa fitur lebih kaya dari seri pendahulunya.

Jika membicarakan realme C Series, tentunya tidak jauh dengan perihal nan berasosiasi dengan ponsel nilai terjangkau nan selalu bisa menghadirkan penemuan terbaru. realme C65 menggebrak industri smartphone khususnya di entry-level dengan menjanjikan bahwa penggunanya tidak perlu cemas mengalami lag, nan sesuai dengan slogannya 4 Tahun Lag-Free. Jaminan ini tentunya mematahkan stigma pada smartphone terjangkau nan sering kali mudah lag pada waktu penggunaan nan singkat.

Tak ketinggalan juga beberapa fitur eksklusif dari realme nan sebelumnya hanya dapat ditemui pada smartphone kelas flagship dan premium seperti Dynamic Button, Air Gesture, Rainwater Smart Touch, Smart Code Scan, hingga Riding Mode.

Nah, tadi merupakan sekilas mengenai realme C65, untuk tahu lebih perincian mengenai realme C65 mari simak review berikut dari kami.

Desain Tipis dan Stylish

realme C65 ini mempunyai dimensi berukuran 165,7 x 76,1 x 7,64 mm dengan berat ringan 185g. Berkat kombinasi berat dan dimensi tersebut, smartphone ini nyaman di genggaman tangan, feel genggamannya terasa enteng, tipis, dan solid. Menggunakan perangkat dalam waktu lama juga tidak membikin tangan pegal.

BACA JUGA:

  • Realme Beri Dukungan Layanan Purnajual Lewat WhatsApp
  • Ini Fitur Andalan Realme 12 Series 5G, Ada Kamera Periskop

Salah satu nan paling krusial dari bagian belakangnya adalah tidak mudah menempel sidik jari, namalain tidak mudah kotor, jadinya kita tidak perlu cemas untuk terus membersihkan perangkat. Selain itu, ini juga membikin rasa nyaman digenggaman.

Selain itu, panel belakangnya juga mengangkat kamera bar nan biasa datang di smartphone flagship. Kamera bar berbentuk vertical tersebut juga membawa kesan mewah ke ponsel ini.

Sementara itu, kelengkapan port dari realme C65 ini antara lain tombol power sekaligus fingerprint beserta volume button di bagian kanan, di bagian kiri terdapat slot SIM card dan microSD, lampau di bagian bawahnya terdapat port USB Type-C, lubang mikrofon, speaker grill, dan port audio jack 3.5mm. 

Port realme C65 ini tergolong cukup lengkap, ada port audio jack 3.5mm nan bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan headset berkabel, slot SIM cardnya mendukung dual SIM dengan microSD, sehingga kita bisa menambah memori penyimpanan dan dapat menyimpan beragam info dengan leluasa tanpa takut memori penuh.

Dari segi ketahanan bodinya juga sudah dilengkapi sertifikasi IP54 nan membuatnya tahan dari cipratan air dan debu. Selain itu, perangkat juga sudah melewati 320 pengetesan internal, seperti uji stress tombol daya 50rb kali, uji stress Plug-in USB 20rb kali, Tes Squeeze 1000 kali dengan beban 25kg, Tes Micro-Drop 14rb kali untuk memastikan daya tahan perangkat secara keseluruhan.

Performa Lancar

Yang spesial dari smartphone ini, realme C65 merupakan perangkat pertama di segmen harganya nan mengantongi sertifikasi 48-month Fluency Certification oleh TÜV SÜD dengan rating A. Sertifikasi ini memastikan bahwa realme C65 punya performa nan mulus selama 4 tahun penggunaan. Dengan adanya sertifikasi ini juga membikin para pengguna tidak perlu cemas soal performa lag selama 4 tahun ke depan.

Kehadiran sertifikasi ini pada realme C65 mematahkan pandangan, di mana biasanya smartphone dengan nilai nan terjangkau mempunyai masa pakai nan sangat singkat. Jaminan kelancaran pada realme C65 dimungkinkan berkah perpaduan keahlian perangkat keras dan optimisasi perangkat lunak nan komprehensif. 

realme C65 ini dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G85. Prosesor ini sudah dilengkapi dengan CPU octa-core nan punya clockspeed hingga 2Ghz. Untuk RAM-nya sendiri berkapasitas 8GB dengan jenis memori LPDDR4X. Sedangkan untuk penyimpanannya tersedia 2 pilihan 128GB dan 256GB.

Berkat kombinasi prosesor dan RAM LPDDR4X, ponsel ini bisa diandalkan untuk menjalankan beragam aplikasi harian seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, hingga Email. Semua aplikasi tersebut juga tetap bisa dibuka secara berbarengan dengan lancar. 

Lalu, smartphone ini juga tetap bisa diandalkan untuk memainkan game casual seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, dan Clash of Clans. Berbagai aktivitas multitasking dan kebutuhan gaming ini juga bisa dipenuhi berkah hadirnya, fitur Dynamic RAM hingga 8GB. Melalui fitur ini jika ditotal RAM perangkat ini ada di 16GB.

Untuk penyimpanannya sendiri sudah termasuk lega di 128GB dan 256GB. Kalian bisa memilih penyimpanan ini sesuai kebutuhan kalian. Jika kalian merasa tetap kurang luas juga, tidak perlu cemas lantaran ada slot microSD.

Untuk menjamin kelancaran performa pada smartphone ini, realme C65 juga menghadirkan fitur AI Boost. Fitur ini bisa secara pandai menilai urgensi pengoperasian aplikasi nan mau dijalankan dengan perantaraan AI. AI Boost ini bisa mengoptimalisasi alokasi performa dan memberikan peningkatan keahlian pada aplikasi tertentu nan mau diutamakan sehingga smartphone dapat tetap beraksi dengan lancar. Fitur nan jarang ditemukan pada smartphone lain di segmen entry-level. 

Fitur Canggih dikelas-nya
  • Air Gesture

Demi mendukung aktivitas Pengguna lebih baik, realme C65 dilengkapi dengan fitur air gestures nan memungkinkan kita mengakses beragam aplikasi tanpa kudu menyentuh smartphone secara langsung. Fitur ini adalah pertama datang di segmen ini, nan mana sebelumnya hanya datang umumnya di kelas flagship. 

Misalnya, untuk menjawab telepon kita hanya bisa swipe di depan kamera selfie, dan untuk mematikan bunyi kita bisa menggenggam di hadapan kamera depan selama 1,5 detik, apalagi untuk beranjak video di TikTok, Reels, dan media sosial lainnya kita hanya perlu melakukan gesture geser atas bawah tanpa menyentuh layar.

  •  Dynamic Button

Selain menjadi tombol power sekaligus fingerprint sensor di realme C65 ini punya fitur Dynamic Button, nan memungkinkan kita mengakses fitur maupun aplikasi dengan sigap hanya melalui sebuah tombol. 

Melalui fitur ini kita bisa mengakses mode suara, mode Do Not Disturb, mode Riding, mode Airplane, kamera, senter, timer, aplikasi pilihan, hingga clear acceleration serta beragam fitur lainnya hanya dengan menyentuh alias menekan dua kali tombol.

  • Rainwater Smart Touch

realme C65 ini membawa spesifikasi layar berukuran 6,67 inci dengan resolusi HD+ di 720 x 1600 piksel, rasio 20:9, refresh rate 90HZ dengan touch sampling rate hingga 180Hz, kecerahan layarnya bisa mencapai 625nits.

Hal nan krusial dari segi layar di realme C65 adanya fitur Rainwater Smart Touch seperti nan disebutkan di awal. Fitur ini datang berkah kombinasi algoritma Anti Air dan keahlian pemrosesan IC sentuh di layar, nan memungkinkan layar tetap responsive meski tangan basah alias ada tetesan air. 

Fitur ini sangat membantu Ketika tangan kita basah sehabis cuci tangan, hingga dalam kondisi darurat seperti hujan dan kudu membuka HP. Melalui fitur ini kita tidak perlu repot mengeringkan tangan terlebih dulu untuk membuka layarnya. Fitur ini juga aktif secara default di realme C65.

  • Smart Code Scan

Smartphone ini punya konfigurasi dual camera dengan kamera utama beresolusi 50MP dan kamera selfie 8MP nan berada di lubang punch-hole di layar. Kameranya sendiri mendukung perekaman video hingga resolusi Full HD 1080p 30FPS baik itu kamera depan maupun kamera belakangnya.

Seperti nan disebutkan di awal, perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur Smart Code Scan nan memungkinkan kameranya secara langsung mengaktifkan kegunaan pemindaian, dan mengetahui QR code nan ada di depan kita, lampau mengarahkan ke aplikasi nan mendukung QR code tersebut.

Dengan adanya fitur scan QR code secara langsung ini, kita menjadi lebih mudah untuk memindai barcode di beragam kondisi, misalnya ketika melakukan pembayaran alias sedang mendaftar dalam sebuah kegiatan. Selain itu, fitur ini mendukung scan barcode dompet digital alias e-wallet favorit Anda.

BACA JUGA:

  • Realme P1 dan P1 Pro Resmi Diluncurkan di India, Intip Spesifikasinya
  • Realme C67 Turun Harga Jelang Lebaran, Jadi Berapa?

Mode nan tersedia pada kamera beresolusi 50MP  antara lain Night, Street, Portrait, Hi-res, Panorama, Pro, dan serta mode video seperti Time-lapse, Slo-mo, dan Movie.

Hasil Foto:

Mode Portrait

Night Mode

Hi-res Mode

  • Riding Mode

Menjawab kebutuhan anak muda, realme C65 tersemat fitur Riding Mode nan secara unik bekerja untuk memudahkan Pengguna saat berkendara.

Dengan tampilan layar nan di-desain untuk hubungan berkendara nan lebih ringkas untuk pengendara sepeda/motor, memungkinkan pengguna menggunakan smartphone mereka dengan lebih kondusif saat berkendara.

Manfaat-nya:

  • Saat Riding Mode diaktifkan, realme C65 bakal masuk pada antarmuka UI terpisah, unik pada mode ini. Pengguna dapat dengan sigap melakukan pengoperasian seperti panggilan, mengganti musik, dan menavigasi peta.
  • Pengguna dapat menyesuaikan opsi do not disturb dalam mode Riding, seperti mengatur jawaban SMS otomatis untuk menolak panggilan masuk saat berkendara, menolak panggilan masuk ketika pemisah kecepatan terlampaui, dll., untuk memastikan keselamatan berkendara.

Baterai 5000mAh dengan 45W SUPERVOOC Charge

realme C65 ini telah membawa peningkatan berupa 45W SUPERVOOC Charge untuk mempercepat pengisian baterainya nan berkapasitas 5000mAh. Untuk mengisi baterai hingga 50% hanya menyantap waktu sekitar 30 menit saja. Selain pengisian nan cepat, realme C65 ini juga bisa membantu pengguna beraktivitas seharian lantaran baterainya termasuk awet, apalagi ada juga mode super power-saving mode.

Ketahanan baterai pada realme C65 juga telah teruji dengan sangat baik. Walau diisi hingga 1600 kali pengisian daya (kurun waktu 4 tahun dengan kalkulasi 1 hari dilakukan pengisian daya 1 kali), baterai smartphone ini tetap berada di atas 80%.

realme UI 5.0 Berbasis Android 14

realme C65 ini telah menjalankan jenis Android 14 terbaru nan dibalut dengan sistem antarmuka nan juga baru, ialah realme UI 5.0. Sistem operasi ini juga termasuk mulus dan lebih interaktif jika dibandingkan jenis sebelumnya dengan mendukung beragam fitur nan semakin membikin smartphone ini menarik untuk dimiliki. 

Kesimpulan

realme C65 merupakan salah satu ponsel nan bisa diandalkan untuk sehari-hari dan menjadi pilihan tepat untuk para pengguna nan memerlukan smartphone nan awet untuk digunakan dalam jangka panjang. Mulai dari membuka beragam aplikasi hingga untuk gaming pun, perangkat ini tetap sangat bisa diandalkan. Performanya sendiri sudah dipastikan mulus selama 4 tahun berkah sertifikasi 48-month Fluency Certification oleh TÜV SÜD rating A, nan mana kita tidak perlu cemas soal ketahanan performa dalam jangka Panjang.

Selain performa, perihal nan perlu dicatat soal durabilitas adalah baterainya bisa diisi hingga sekitar 1600 kali siklus pengisian daya nan mana ini membikin kita tidak perlu repot ketakutan baterainya sigap rusak.

Dari segi fitur juga realme C65 ini menawarkan kepraktisan bagi para penggunanya, dengan adanya fitur Dynamic Button hingga Air Gestures nan bisa kita manfaatkan di segala macam skenario penggunaan, serta beragam fitur lain nan ditawarkan pada smartphone ini.

Tak ketinggalan juga, dari sisi port ponsel ini termasuk komplit ada port jack 3,5 MM, USB Type-C, fingerprint sensor, hingga slot SIM card nan mendukung dual SIM card sekaligus memori eksternal hingga 2TB.

Jika Anda berminat, realme C65 datang di Indonesia dalam dua jenis memori dan dapat dimiliki melalui skema pre-order pada 2 – 8 Mei 2024. Selama masa pre-order, setiap pembelian realme C65 pengguna bakal mendapatkan cuma-cuma realme Buds T100 dan kuota info Tri 85GB/tahun*. Untuk setiap pembelian realme C65 hingga 12 Mei 2024, pengguna juga bakal mendapatkan cuma-cuma perlindungan tukar baterai jika performa baterai di bawah 80% selama 4 tahun penggunaan*.

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi